RSS
Kutipan
26 Mei

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. Riwayat Muslim.

Dari hadits di atas jelas telah dijelaskan bahwa haq seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam yaitu:

apabila berjumpa maka ucapkanlah salam

Jadi apabila kita berjumpa dengan muslim yang lain di jalan maka kita ucapkanlah salam terhadapnya sekalipun kita tidak mengenalnya, inilah yang susah kita biasakan, biasanya kita mengucapkan salam hanya kepada orang yang kita kenal saja, harusnya kita biasakan mengucapkan salam juga kepada muslim yang lain sekalipun kita tidak mengenalnya.

Apabila diundang maka datangilah

Apabila kita di undang maka kita harus datang, karena termasuk haq seorang muslim terhadap muslim yang lain

Apabila dia minta nasehat maka nasehatilah dia

Ini juag termasuk haq seorang muslim terhadap muslim yang lain, apabila ada seseorang yang minta nasehat maka kita sebagai seorang muslim maka nasehatilah saudara kita sesama muslim.

Apabila bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, bacalah Yarhamukallah

maksudnya, apabila ada seseorang yang bersin maka ucapkanlah alhamdulillah dan yang mendengar maka doakanlah dia dengan mengucapkan yarhamukallah (semoga Allah memberikan rahmat kepadamu)

Apabila dia sakit maka jenguklah

apabila ada saudara kita sesama muslim sakit maka jenguklah, ini juga termasuk haq seorang muslim terhadap muslim yang lain, mungkin kita lihat diri kita bagaimana rasanya apabila kita sakit tidak ada yang menjenguk padahal sesama muslim banyak di sekitar kita, maka kita sebagai sesama muslim maka jenguklah.

Apabila meninggal maka antarkanlah jenazahnya

apabila ada saudara sesama muslim kita yang meninggal maka kita mensholatinya, terus kita antarkan jenazahnya sampai ke kuburannya.

mudah-mudahan kita sebagai seorang muslim bisa menjalankan haq seorang muslim terhadap muslim yang lain.

Hak Seorang Muslim Terhadap Muslim Yang Lain

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 26, 2012 in ISLAMIYAH

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: